Cara Belajar Gitar Untuk Pemula

Anyeong! Gue Carissa. Masih jadi pelajar di Junior High School. Gue masih muda ya baru 13 tahun:)  Ini bisa dibilang pertama kalinya gue bikin blog. Nah, di blog ini gue bakal kasih tau cara biar bisa main alat musik gitar. Untuk lebih lanjutnya, u can find me on instagram @real__cpn. Semoga bermanfaat yaa!

Pernah liat kan kalo orang main gitar itu gampang banget, tapi pas dicoba susah banget? Nah, mereka yang udah mahir banget main gitar pasti pernah ngalamin proses ini. Yang pertama :


TAHAP AWAL

Pada dasarnya orang orang bisa memahami apa yang mereka lihat, dan ini sangat membantu dalam proses pembelajaran. Nah dengan melihat orang yang sedang bermain gitar, kita jadi tahu gimana caranya untuk genjreng dan penempatan kunci gitar. Dan hal selanjutnya adalah mempelajarinya. Dengan mengetahui kunci gitar dan tahu cara penempatannya yang benar, kita sudah bisa bergitar. Dan berikut ini adalah 2 hal tersebut yang harus dipelajari.

Niat

Awali semuanya dengan adanya niat. Ini adalah kunci untuk mencapai keberhasilan. Jika kalian ingin bisa bermain gitar tapi kalian cuma setengah-setengah dalam hal niat, maka semua yang kalian lakukan akan sia sia.

Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula

Kunci Dasar Gitar

Hal ini sangat penting dalam proses pembelajaran, karena chord atau kunci gitar adalah kuncinya untuk bergitar. Maka dari itu kalian harus mengetahui letak-letak kunci dan penempatan jarinya. Dan untuk contoh gambar kunci kalian bisa melihat artikel "gambar kunci dasar gitar".


Cetaklah gambar kunci gitar tersebut agar lebih mudah dalam pemahamannya. Atau kalian bisa beli buku kunci gitar.

Senam Jari

Proses ini untuk melatih jari-jari tangan kita supaya tidak kaku saat melakukan perpindahan kunci. Proses ini cukup lama dan lumayan susah karena jari tangan yang kaku harus dipaksa untuk merenggang agar mencapai jajaran fret pada gitar.



Cara membaca dan memainkannya

  • Tempatkan jari telunjuk pada titik nomer 1, jari tengah pada titik nomer 2, jari manis pada titik nomer 3, dan jari kelingking pada titik nomer 4.
  • Nah setelah itu mainkan nada secara bergantian dengan memetik dari titik 1 - 2 - 3 - 4, 5 -6 -7 -8 sampai 24 lakukan secara perlahan dan ulangi terus hingga jari kita merasa kelelahan.
  • Lakukan senam jari bersamaan saat belajar kunci gitar. Maksudnya senam jari dulu lalu pindah ke penempatan kunci gitar atau sebaliknya dan lakukan secara terus menerus sampai jari-jari tangan sudah lentur dan bisa melakukan perpindahan chord dengan sempurna.
  • Hanya dengan mengetahui 2 cara diatas, kalian sudah bisa bermain gitar, walaupun hanya sebetas genjreng saja. Tapi kalau buat pemula, itu lebih dari cukup.


Welldone


TAHAP KEDUA

Langkah ini adalah langakah setelah 2 cara diatas sudah dikuasai. Berikut ini merupakan tahap pengembangan untuk lebih memahami dan menguasai beberapa teknik dalam bergitar. Dan ini sangatlah penting !

Punya Gitar

Sangat disarankan bagi kalian yang ingin belajar gitar harus mempunyai gitar sendiri. Karena jika kita punya gitar sendiri kita bisa leluasa untuk belajar kapan saja.

Hal ini hanya untuk mempercepat kita pandai saja dan tidak harus mempunyai gitar sendiri. Pinjam teman juga boleh tapi akan lebih maksimal jika kita punya gitar sendiri.


Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula

Mulailah Dengan Lagu Yang Chordnya Sedikit

Disamping menghafalkan kunci gitar, kita juga harus mengetahui lagu-lagu yang memiliki 3-4 kunci gitar yang memiliki penempatan jari yang mudah. Dengan memilih lagu yang kunci gitarnya sedikit bisa mempercepat kalian pandai dalam bergitar.  Seperti contoh lagu dibawah ini

Shawn Mendes - Imagination
Adelle - All I Ask

Dengan memainkan lagu yang hanya memiliki 2-3 chord, akan mempercepat kita lebih pandai bergitar.  

Saat memainkan gitar putarlah lagu tersebut lalu kalian ikuti permainan gitarnya. Hal ini supaya kalian tahu letak kunci gitarnya dan saat perpindahan kuncinya.

Belajar Petikan

Jika sudah paham cara melakukan genjrengan pada gitar, sekarang waktunya untuk mengetahui cara memetik gitar yang benar. Melakakun petikan gitar atau strumming bisa dilakukan dengan 3 cara. yaitu, Dari atas kebawah, dari bawah keatas dan gabungan dari 2 cara sebelumnya.

Tekniknya juga berbeda beda. Ada yang menggunakan jari, pick dan gabungan jari dan pick. Untuk selengkapnya bisa dilihat di Belajar Petikan Dasar Gitar

Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula


Stem Gitar

Ini dia hal yang sangat sulit untuk seorang pemula karena hal ini yang membuat gitar kita fals atau tidaknya. Menyetem gitar bisa sangat sulit karena kita tidak tahu suara nadanya dan juga apakah suaranya udah pas apa belum.

langkah paling dasar pada steman adalah dengan cara manual. Yaitu dengan menyamakan suara senar satu dengan suara senar lainnya, dimana kita harus menggunakan indra pendengaran dan feeling untuk menentukan suatu nada dalam langkah ini.


Urutan nada pada gitar
Senar no. 6 bernada E
Senar no. 5 bernada A
Senar no. 4 bernada D
Senar no. 3 bernada G
Senar no. 2 bernada B
Senar no. 1 bernada e

Diatas adalah susunan stem nada pada gitar. dan cara menyetemnya adalah dengan.

Dengan menyetel senar no. 6 (paling atas) agar bernada E. Stemlah seakurat mungkin.

Kemudian menentukan Nada A

Tempatkan jari telujuk kalian di fret no.5 senar no.6 terus petik. Itu adalah akar kord A, kemudian bunyikan senar no.5 lalu samakan suaranya dengan senar no.6. Putar steman sampai suara yang dihasilkan sama. Lakukan hal sama pada senar dibawahnya.

Tapi sekarang jaman sudah maju. Ada aplikasi android yang bisa buat nyetem gitar dan kita tidak perlu pusing lagi saat menyetem gitar.

Dan kalau kalian ingin belajar menyetem gitar secara manual (tanpa aplikasi) kalian bisa baca artikel "cara menyetem gitar".
Dan jika kalian ingin tahu aplikasi stem gitar, kalian bisa baca artikel "cara menyetem gitar dengan aplikasi".

Dalam tahap ini disarankan lebih baik menggunakan metode aplikasi stem gitar untuk menyetem gitar karena mempercepat proses pembelajaran.

Punya teman yang pandai bergitar

Jika kalian punya teman yang pandai dalam bermain gitar. Hal ini akan sangat membantu sekali dan kalian tidak perlu terlalu serius untuk mempelajari tahap-tahap sebelumnya. Tapi teman yang mau membantu ya.


Jika semua hal di atas sudah bisa maka selanjutnya terserah kalian. Saran, pelajari tahap lanjut seperti teknik bergitar, melodi dan lain sebagainya. Dan itulah beberapa info tentang gitar. Makasih karena uudah meluangkan waktu untuk baca artikel gue yang berjudul Cara Belajar Gitar Untuk Pemula semoga artikel tersebut bisa membantu dalam hal yang sama, gomawo


Sumber : http://www.gpangky.xyz

Chord Lagu Hailee Steinfeld - Starving

[Intro] E F#m C#m B E F#m C#m B [Verse] E F#m C#m B You know just what to say (Shit that scares me!) E ...